Friday, August 2, 2019

Mahasiswa Indonesia Tewas Di Sungai Nil Mesir Kairo


Mahasiswa Indonesia Tewas Di Sungai Nil Mesir Kairo

Jenazah dua mahasiswa Indonesia di Universitas Al Azhar, Akil dan Ainur, yang tewas tenggelam di Sungai Nil Mesir dipulangkan ke Tanah Air. Jenazah akan tiba di Indonesia pada Sabtu (3/8) sore.

Dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jumat (2/8/2019), jenazah terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al Azhar sebelum diberangkatkan menuju bandara. Jenazah akan tiba di Bandara Soekarno Hatta.

Dua mahasiswa Indonesia itu meninggal akibat tenggelam di Sungai Nil kawasan Qanater, Provinsi Qalyubia, Mesir. KBRI Kairo menerima laporan tersebut pada Senin (29/7) pukul 14.56 waktu setempat.

Kedua mahasiswa yang berasal dari Jawa Timur itu bernama lengkap Muchammad Mutawakkil Alalloh dan Ainur Rohman. Akil dan Ainur tengah mengeyam ilmu di Universitas Al Azhar.

Peristiwa bermula saat Akil dan Ainur bersama 16 anggota IKBAL (Ikatan Keluarga Besar Al Amien Prenduan) Korda (Koordinator Daerah) berada di Qanater untuk berlibur. Pada pukul 14.00 waktu setempat, Akil mencoba berenang ke tengah sungai yang memilki kedalaman kurang lebih 50-70 meter dan lebar 120-200 meter.



KBRI Kairo kemudian mendatangi Qanater pada pukul 17.00 waktu setempat. KBRI memverifikasi laporan terkait tenggelamnya mahasiswa tersebut dan langsung berkoordinasi dengan rumah sakit dan polisi setempat.

Menurut keterangan dari kepolisian Qanater dan tim SAR Qalyubia, Akil tenggelam karena kurang dapat berenang dengan baik. Sedangkan Ainur tenggalam karena berupaya menyelamatkan Akil namun malah tertarik.

"KBRI kairo telah menyampaikan berita duka tersebut kepada keluarga almarhum kedua mahasiswa yang meminta jenazah untuk dapat dipulangkan ke Indonesia," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Arab Mesir, Helmy Fauzy.

Helmy juga berterima kasih kepada SAR Mesir yang telah membantu menemukan jasad korban dan semua pihak yang membantu dalam proses pemulangan jenazah korban ke Tanah Air.


"Kami berterimakasih kepada Tim SAR Mesir yang telah membantu melakukan pencarian atas jasad WNI yang menjadi korban tenggelam ini," ujar dia.

No comments:

Post a Comment